KREATIF dan UNIK!!! Mie Instan Terbuat Dari Ketela Asli Gunungkidul

Mie Instan Terbuat Dari Ketela - Seperti yang kita tahu, memang Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta terkenal dengan makanan yang berbahan dasar ketela.

Beberapa makanan berbahan dasar ketela yang sudah ternama dari Gunungkidul adalah keripik dan tiwul.

Kini ada lagi nih kreatifitas dari warga Dusun Sumberjo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen Gunungkidul, Yogyakarta. Yakni mie instan terbuat dari ketela, ini merupakan terobosan yang luar biasa.

KREATIF dan UNIK!!! Mie Instan Terbuat Dari Ketela Asli Gunung Kidul

Mie Instan Terbuat Dari Ketela Asli Gunungkidul
AYO MIE - Mie Instan Terbuat Dari Ketela Asli Gunungkidul

Mie instan yang di kemas dalam cup ini di beri nama Ayo Mie. Bahkan di klaim jika mie instan dalam cup ini lebih sehat di banding mie instan lainnya.

Mie dalam cup tersebut di dalamnya sudah terdapat cabai kering, minyak dan bumbu. Ukuran mienya juga lebih tebal jika di bandingkan dengan mie instan lainnya.

Nantinya kamu juga bakalan mendapatkan garpu plastik di dalam kemasan Ayo Mie. Untuk varian rasanya, Ayo Mie mempunyai 2 pilihan rasa yakni bakso sapi dan ayam spesial.

Untuk proses pemasakan Ayo Mie sama dengan cara memasak mie dalam cup pada umumnya. Yakni dengan menyeduhnya dengan air panas.

Proses Pembuatan Mie Instan Butuh Proses Lama

Ayo Mie di buat dalam sebuah kelompok, ketua dalam kelompok tersebut adalah Suti Rahayu. Berikut ini adalah pernyataan Suti Rahayu saat di wawancarai Kompas.com (13 Maret 2019).

"Jika mie instan yang biasa itu diseduh sekitar empat menit, kalau mie mocaf (ubi kayu) sekitar lima sampai enam menit," kata Suti Rahayu.

Suti pun mengatakan jika tidak gampang untuk membuat mie instan dengan bahan mocaf (ubi kayu). Kelompok tersebut mendapatkan bantuan alat pembuat mie pada tahun 2012 yang lalu.

Setelah mendapatkan alat, Ia bersama dengan kelompok mencoba mempraktekkan untuk membuat mie instan. Pada waktu itu bahan yang di gunakan adalah 250 kg tepung mocaf.

Ternyata pada praktek pertama gagal total, semua bahan rusak. Setelah itu Ia dan kelompok terus mencoba dan akhirnya menemukan komposisi yang pas.

Mie tersebut di buat dari mocaf yang di campur dengan terigu dan juga bahan lainnya.

Serbuk Bumbu Tanpa Bahan Kimia

Untuk pembuatan serbuk bumbu, Ia bersama dengan kelompok di bantu oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

"Setelah beberapa kali gagal, saya meminta masukan dari LIPI dan disarankan membuat dengan komposisi saya sendiri. Lalu dengan komposisi saya tanpa menggunakan bahan kimia dan ternyata berhasil. Kami ada 3 jenis mie instan yaitu mie rebus yang harus dimasak menggunakan bumbu sendiri, lalu mie instan seperti pada umumnya bumbu sudah kami sediakan, yang ketiga adalah mie instan dengan menggunakan cup yang diseduh. Untuk harganya satu cup mie Rp 6.000," katanya.

Proses pemasakan Ayo Mie lebih lama jika di bandingkan dengan mie instan lainnya. Harus di aduk berkali-kali dengan menggunakan air panas untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Setelah mie matang, kamu akan mendapatkan mie kenyal, kuah yang cenderung bening dan rasa gurih yang tidak tertinggal di tenggorokan.

"Lebih segar dibandingkan mie instan biasa," kata salah satu warga Bantul bernama Wisang.

Baca Juga :

Posting Komentar

Copyright © 2019 HALOMIE.COM